
Cara Mudah Riset Pasar Untuk Bisnis Anda. Cara ini sangat mudah dengan biaya yang minim namun hasil bisa maksimal. Adapun beberapa cara tersebuat adalah sebagai berikut ini :
1. Numpang keren
Cari perusahaan besar yang setarget pasar dengan usaha Anda >> Buka disampingnya.
Misalnya Anda mau buka warung makan yang target pasarnya
adalah karyawan setara perbankan, tinggal buka samping-sampingan dengan
bank. Insyaa Alloh Langsung laris..
2. Numpang riset / penelitian
Indomart dan Alfamart memiliki persyaratan kelayakan suatu lokasi. Baik dari segi kepadatan penduduk, jalur semut dan lainnya.
Karena mereka udah jelas riset sebelum buka di suatu area. Jadi Anda numpang saja. Buka lagi di sebelahnya..
3. Nyebrang Jalan
Daripada menghitung trafiknya brapa, coba aja jam tertentu (saat berjualan) menyeberang jalan 3 x bolak balik.
Kalau nyebrangnya pakai tengok-tengok, artinya jalannya ramai. Kalo tanpa tengok-tengok tetap selamat, artinya sepi, hehe.
4. Sebar Brosur
Siapa bilang harus ada bisnisnya baru pemasaran? Dari pada
kuesioner, mending langsung action ajah, sebar brosur, beri nomor
telepon pemesanan.
5. Pasang Iklan
Serupa dengan sebar brosur, tapi di media massa, bisa juga di media sosial, seperti fesbuk, instagram, twit dan lainya.
Misal, Anda mau buka rental mobil, tapi ragu “Ada gak
pasarnya?”. Sebar brosur (sesuai target pasar) atau ngiklan saja. Banyak
yang telepon gak?
Kalau banyak yang telpon, artinya banyak permintaan, tinggal buka kemudian.
“Mas J, trus kalo beneran mereka mau rental, tapi kita
belum punya mobilnya gimana?” >> Tinggal bilang “Lagi KOSONG..”.
Gak bohong kan? Emang lagi kosong koq.. Meski belum pernah isi juga,
hehe..
6. Uji Ngangenin
Daripada Anda membuat kuesioner atau FGD (grupnya siapa juga?) yang ‘dipaksakan’, lakukan sesuatu yang NATURAL.
Misalnya, “Uji Lontong Arab Wan Abud” >> Potong
kecil-kecil lontongnya, numpang sediakan snack di komunitas, pantau dari
jauh, nambah gak?
Kalo nambah terus, artinya Laper itu orangnya, hehe.. Kalo yang lain juga nambah, artinya NGANGENIN. Gampang tho..!
Masih banyak cara-cara kreatif untuk riset pasar UKM yang
ALAMI. Jelas Murah dan Tokcer, daripada yang njlimet dan nambah takut
untuk action.
So, jangan pernah takut untuk mencoba silahkan mulai dari sekarang. Tips Cara Mudah Riset Pasar Untuk Bisnis Anda
Salam hangat :http://www.widjiume.com
Salam hangat :
0 komentar:
Posting Komentar